regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Susah BAB, Gejala Awal Kanker Usus Besar

Artikel tanggal : 13/06/2012

APAKAH Anda susah buang air besar (BAB)? Jika iya, waspadalah. Susah BAB merupakan indikator penyakit kanker usus besar. Sebab, gaya hidup masyarakat di Indonesia kurang memperhatikan kebutuhan makanan yang mengandung serat.

Pakar onkologi dan aktivis Yayasan Kanker Indonesia DR. Dr. Aru W Sudoyo SpPD KHOM menjelaskan, data pada 2008 menunjukkan keganasan kolorektal, atau kanker usus besar menduduki peringkat ketiga, setelah kanker paru, dan kanker prostat pada pria.

"Kanker usus besar adalah jenis kanker yang terjadi secara perlahan dan membutuhkan masa perkembangan antara 15 hingga 20 tahun," kata Aru di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/6).

Karena itu, Aru mengimbau masyarakat Indonesia segera mendeteksi gejala kanker sejak dini. Selama ini, pasien yang terdiagnosa menderita kanker usus besar justru datang berobat ketika telah stadium lanjut.

"Salah satu penyebabnya, wawasan dan kesadaran masyarakat terhadap berbagai gejala awal dari kanker usus besar sangat minim," katanya.

Sementara itu, jumlah penderita kanker usus besar terus meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut disebabkan gaya hidup masyarakat modern, salah satunya adalah cara diet yang salah dan jarang melakukan aktivitas fisik.

"Selain itu, pola makan yang tidak seimbang seperti terlalu banyak makan daging merah, dan lemak bisa memicu kanker usus besar. Untuk itu ada baiknya setiap mengonsumsi makanan apa pun wajib diimbangi dengan makan buah dan sayuran segar," katanya.

Jika Anda menemukan darah pada feses saat buang air besar, diare, atau sembelit tanpa sebab dan terjadi lebih dari enam minggu juga patut diwaspadai. Apalagi jika mengalami penurunan berat badan tanpa sebab.

"Ketika semua hal itu terjadi maka ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter karena kemungkinan merupakan gejala awal dari kanker usus besar," katanya.

sumber : http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/06/13/94596/Susah-BAB-Gejala-Awal-Kanker-Usus-Besar/11
Program Penjualan Sederhana  :
> Download Program Penjualan Sederhana

Tidak ada komentar: