regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Waduh, Komputer Turunkan Minat Baca Anak

Artikel tanggal : 25/05/2012

BUKU adalah jendela dunia. Lewat buku, kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan. Sayangnya, kebiasaan membaca pada anak di zaman modern mulai memudar.

Menurut beberapa peneliti dari Gothenburg University di Swedia, komputer dan game adalah penyebab anak-anak tidak mau membaca. Mereka juga kehilangan minat pergi ke perpustakaan sekadar meminjam buku.

"Ketertarikan mereka dalam membaca mengalami penurunan karena lebih suka bermain komputer. Tapi ini tidak berarti mereka memiliki kemampuan akademik rendah," ujar Profesor Monica Rosen.

Penelitian itu membandingkan minat baca dari anak usia 9 dan 10 tahun di Swedia, Amerika Serikat, Italia, dan Hungaria. Sejak tahun 1991, minat baca di Amerika Serikat dan Swedia terus menurun. Tapi, meningkat pada anak-anak di Italia dan Hongaria karena mereka tidak memiliki komputer di rumah.

Anak-anak di Amerika Serikat dan Swedia juga jarang pergi ke perpustakaan. Mereka tidak ingin menghabiskan waktu santai mereka dengan membaca buku.
Penelitian itu juga mengungkapkan minat baca anak laki-laki lebih rendah dibandingkan anak perempuan. Mereka lebih suka bermain komputer daripada membaca.

Minat baca anak Indonesa pun sangat memprihatinkan. Berdasarkan studi lima tahunan yang dikeluarkan oleh Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS) pada tahun 2006, yang melibatkan siswa sekolah dasar (SD), hanya menempatkan Indonesia pada posisi 36 dari 40 negara yang dijadikan sampel penelitian.

Berdasarkan penelitian Human Development Index (HDI) yang dikeluarkan oleh UNDP untuk melek huruf pada tahun 2002 menempatkan Indonesia pada posisi 110 dari 173 negara. Posisi tersebut kemudian turun satu tingkat menjadi 111 di tahun 2009.

Pemerintah dalam hal ini berkewajiban untuk mengevaluasi yang ada. Bila ingin mengembangkan minat baca anak, isi bacaan, motivasi, fasilitas, dan kebiasaan membaca harus diperhatikan karena menyangkut pembaca itu sendiri.

sumber : http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/05/25/92352/Waduh-Komputer-Turunkan-Minat-Baca-Anak/11
Program Penjualan Sederhana  :
> Download Program Penjualan Sederhana

Tidak ada komentar: