regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Penderita Migrain Lebih Gampang Pusing Saat Minum Es Krim

Artikel tanggal : 23/04/2012

Beberapa orang sering pusing dan sakit kepala saat minum es krim karena suhu di kepala mendadak berubah. Penderita migrain lebih rentan mengalaminya, namun ilmuwan malah berharap fenomena ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi migrain.

Fenomena pusing dan sakit kepala saat minum es krim atau air es sering disebut dengan istilah brain freeze atau pembekuan otak. Pemicunya adalah perubahan suhu yang terjadi secara mendadak, yang terjadi di otak saat mengonsumsi minuman dingin.

Penelitian terbaru di National University of Ireland dan Harvard Medical School baru-baru ini mengungkap, brain freeze melibatkan proses pelebaran dan penyempitan pembuluh darah di otak. Proses ini terjadi di bagian otak yang disebut anterior cerebral artery.

Ketika tubuh dimasuki minuman dingin, suhu tubuh secara keseluruhan ikut turun termasuk otak. Untuk menjaga agar otak tetap bekerja dengan baik, maka pembuluh darah di bagian tersebut melebar sehingga aliran darah meningkat dan suhunya tetap terjaga.

Namun proses ini terjadi secara singkat, lalu dilanjutkan dengan penyempitan pembukluh darah. Perubahan yang terjadi begitu cepat di dalam rongga kepala yang di batasi oleh tempurung membuat otak merasa tertekan dan memicu rasa nyeri di kepala.

"Otak sangat sensitif terhadap temperatur, jadi pelebaran pembuluh darah di bagian ini bisa mengalirkan lebih banyak darah yang hangat untuk menjaga otak agar tetap bisa bekerja," kata salah seorang peneliti, Jorge Serrador seperti dikutip dari Telegraph, Senin (23/4/2012).

Proses yang sama juga terjadi pada jenis sakit kepala lainnya, khususnya migrain atau sakit kepala sebelah. Karena itu pra ilmuwan berharap, jika hasil penelitian ini bisa dikonfirmasi dengan penelitian lanjutan maka terapi baru untuk migrain bisa diciptakan.
sumber : http://health.detik.com/read/2012/04/23/103004/1898811/763/penderita-migrain-lebih-gampang-pusing-saat-minum-es-krim?l1101755hl
Program Penjualan Sederhana  :
> Download Program Penjualan Sederhana

Tidak ada komentar: