regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Olahraga Pagi Lebih Melelahkan Ketimbang Sore?

Artikel tanggal : 09/03/2012

Sebagian besar orang melakukan olahraga di pagi hari untuk menjaga kesehatannya. Tapi beberapa orang tertentu kadang merasa lebih lelah ketika ia berolahraga di pagi hari ketimbang sore hari. Kenapa bisa begitu?

Kemungkinan besar penyebab hal ini adalah karena beberapa orang melakukan olahraga tanpa mengisi energi terlebih dahulu, sehingga tubuh terasa lebih lelah dan juga beberapa kondisi fisiologis lainnya.

Meski begitu, ada beberapa hal yang diduga menjadi penyebab orang merasa lebih lelah jika berolahraga di pagi hari ketimbang sore hari, seperti dikutip dari Livestrong, Jumat (9/3/2012) yaitu:

1. Pasokan bahan bakar
Kelelahan di pagi hari bisa disebabkan oleh pasokan bahan bakar yang rendah. Saat bangun pagi hari, energi dari makan malam sudah tercerna dan gula darah ada kemungkinan rendah, sehingga diperlukan bahan bakar baru berupa sarapan sehat setidaknya 2 jam sebelum olahraga.

Jika olahraga langsung setelah bangun tidur dan tidak sempat sarapan, maka konsumsilah minuman olahraga atau makanan ringan paling tidak 20 menit sebelum olahraga. Karena jika bahan bakar tidak terisi bisa mengakibatkan lesu dan kelelahan ekstrim. Sedangkan saat sore hari biasanya tubuh sudah memiliki banyak bahan bakar.

2. Suhu tubuh
Suhu tubuh dari pagi sampai sore, suhu internal tubuh meningkat. Seiring dengan peningkatan suhu, maka otot menjadi lebih fleksibel dan tangkas sehingga tidak mengalami kelelahan. Jika olahraga pagi hari maka butuh waktu lebih lama untuk mempersiapkan otot seperti pemanasan dan peregangan. Jika lupa pemanasan bisa membuat cepat lelah.

3. Ritme sirkadian tubuh
Ritme sirkadian adalah irama internal dari otak yang mengatur fungsi seluruh tubuh. Jika malam hari tidak menerima jumlah tidur yang cukup, maka irama sirkadian akan melamban di pagi hari, sehingga tingkat energi, denyut jantung dan tekanan darah jadi lamban dan cepat lelah.

4. Kebiasaan masing-masing orang
Kebiasaan yang dimiliki orang memainkan peran penting dalam menentukan waktu ideal dalam sehari untuk olahraga. Bagian sebagian orang, sesi pagi hari adalah cara sempurna untuk memulai hari, tapi di sisi lain sore hari mungkin lebih efektif. Karenanya jika ia tidak terbiasa olahraga pagi hari, maka ia akan merasa lebih lelah.


sumber : http://health.detik.com/read/2012/03/09/074714/1862141/766/olahraga-pagi-lebih-melelahkan-ketimbang-sore?l1101755
Program Penjualan Sederhana  :
> Download Program Penjualan Sederhana

Tidak ada komentar: