regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Nonton 'Harry Potter' Bikin Anak Lebih Kreatif

Artikel tanggal : 27/03/2012

Saat ini ada beberapa film yang menggunakan ilmu sihir, salah satu yang paling dikenal adalah film Harry Potter. Studi menemukan film dengan elemen 'magic' atau sihir bisa meningkatkan imajinasi anak yang membuatnya lebih kreatif.

Para peneliti mengungkapkan bahwa percaya dengan peristiwa supranatural seperti binatang berbicara bahasa manusia atau penyihir terbang dengan menggunakan sapu bisa melibatkan kemampuan untuk membantu meenmukan pemikiran alternatif.

Studi yang mempelajari efek ini menemukan sebagian besar anak berusia 4-6 tahun akan memiliki pemikiran ajaib dan memungkinkannya untuk melihat masalah dari perspektif yang berbeda.

Penelitian ini dilakukan oleh Lancaster University dengan melibatkan 52 anak yang berusia 4-6 tahun. Anak-anak ini dibagi menjadi 2 kelompok dan diperlihatkan 2 cuplikan selama 15 menit dari film 'Harry Potter And The Philosopher's Stone'.

Kelompk pertama diperlihatkan klip dengan konten 'magic' seperti penyihir melakukan mantra dengan menggunakan tongkat dan terbang di atas sapu terbang, sementara kelompok kedua melihat adegan dengan karakter yang sama tapi tanpa magic.

Setelah itu, anak-anak diberi serangkaian tes seperti berpura-pura jadi kelinci atau mobil, berpikir cara berbeda untuk meletakkan cangkir dan memikirkan kegunaan lain dari cangkir seperti berpura-pura jadi drum.

Didapatkan anak-anak yang menonton 'magic' memiliki jumlah alternatif solusi yang lebih banyak dan bervariasi. Serta memiliki hasil tes kreativitas yang lebih baik dibanding anak-anak yang tidak menonton film magic.

"Pemikiran ajaib atau magic memungkinkan anak-anak untuk menciptakan dunia imajiner yang fantastis dan meningkatkan kapasitas anak-anak dalam melihat dunia dari berbagai perspektif," ujar peneliti Dr Eugene Subbotsky dari Department of Psychology di Lancaster University, seperti dikutip dari MedIndia, Selasa (27/3/2012).

Studi yang juga dilakukan oleh peneliti Claire Hysted dan Nicola Jones menunjukkan bahwa buku dan video tentang sihir bisa berfungsi untuk memperluas imajinasi anak-anak dan membantunya berpikir lebih kreatif.


sumber : http://health.detik.com/read/2012/03/27/083129/1877171/1301/nonton-harry-potter-bikin-anak-lebih-kreatif?l1101755hl
Program Penjualan Sederhana  :
> Download Program Penjualan Sederhana

6 komentar:

duniasharing mengatakan...

setuju ane klo emang film memebri efek positif pada anak2..

harry potter berrti termasuk yang harus di tonton nih sama anak2 dari pada sinetron cinta2an

Regent Renaldo mengatakan...

Setiap film pasti ada sisi baiknya, tergantung bagaimana kita memilah dan menerapkan dalam kehidupan sehari hari anak, yang pasti anak kecil rasa ingin tahunya sangat besar dan kita harus menggali potensi anak agar lebih cerdas dengan menuangkan pengetahuan keminatnya terutama dalam menonton tayangan film baik animasi maupun lainnnya. Salam persahabatan yah, terima kasih atas kunjungannya :)

BlogS of Hariyanto mengatakan...

inti artikel-nya film harry potter bisa membantu anak-anak mengembangkan kemampuan imajinasi otak-nya, dan memang seseorang yang memiliki otak dengan kemampuan imajinasi akan memiliki potensi kreatifitas yang lebih baik daripada orang yang otak-nya tidak pandai berimajinasi :)

LEMO HOMESTAY mengatakan...

nice share post ^_^

Regent Renaldo mengatakan...

Lemo Homestay : terima kasih atas kunjungannya, salam persahabatan :)

Regent Renaldo mengatakan...

@BlogS of Hariyanto : iya pak, sesuatu yang luar biasa dimulai dari Imanjinasi, terima kasih kunjungannya, salam persahabatan Blogger :)