regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Nelayan Mulai Kesulitan BBM

Berita tanggal : 03/03/2012

BANJARMASIN-- Nelayan di sejumlah wilayah Kalimantan Selatan mulai merasakan kesulitan mendapat bahan bakar minyak (BBM). Kalaupun ada, di tingkat pengecer harga solar cukup tinggi, yakni Rp 7.000 - Rp 8.000 per liter. Kondisi ini berlangsung sejak sekitar satu bulan terakhir.
Mulyadi, nelayan di Pulau Laut Utara, Kabupaten Kota Baru, bersama nelayan lain tidak bisa lagi mengandalkan bahan bakar bersubsidi dari stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Selain jaraknya jauh, sekitar delapan kilometer, untuk mendapatkan solar di SPBU harus mengantre.
"Belum tentu mengantre satu-dua jam dapat bahan bakar. Jadi akhirnya beli solar di pengecer dengan harga Rp 7.000 atau Rp 8.000. Begitu pula minyak tanah untuk penerangan, harganya Rp 8.000 per liter," ungkap Mulyadi, Sabtu (3/3/2012). Setiap nelayan rata-rata membutuhkan lima liter solar setiap hari.
Kesulitan memperoleh BBM, semakin memperparah kondisi nelayan karena penghasilannya pun menurun. Harga ikan turun akibat kondisi cuaca. Proses penjemuran ikan terganggu oleh hujan, sehingga kualitasnya tidak sebagus saat musim kemarau.
Kondisi yang sama dialami nelayan di Tabonio, Kabupaten Tanah Laut. Imul, salah satu nelayan menuturkan kesulitannya untuk bisa memeroleh 100 liter solar bahan bakar dalam sehari.
Berbeda dengan nelayan daerah lain, nelayan di Tabonio rata-rata memiliki kapal berukuran besar. Di Tabonio terdapat sekitar 150 kapal besar.
Nelayan membutuhkan BBM sekitar dua drum (400 liter) untuk sekali melaut yang rata-rata memerlukan waktu 15 hari. Area perburuan ikan mereka lebih luas, hingga ke perairan Masalembu (Jawa Timur) dan Kuala Pembuangan (Sampit, Kalimantan Tengah).
Menurut Imul, kesulitan BBM mulai terasa sejak sebelum muncul isu rencana kenaikan harga BBM. Harga solar di pengecer di Tabonio saat ini Rp 7.000 per liter.

sumber : http://regional.kompas.com/read/2012/03/03/09383240/Nelayan.Mulai.Kesulitan.BBM
Program Penjualan Sederhana  :
> Download Program Penjualan Sederhana

Tidak ada komentar: