regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Aturan Pakai Masker Saat Batuk

Artikel tanggal : 19/03/2012

POLUSI udara yang kini makin mencemaskan memaksa masyarakat memakai masker saat di jalan. Tetapi, saat sedang batuk atau bersin-bersin, perhatikan pemakaian masker.

"Ada etika batuk yang baik. Etika batuk itu kalau misalnya batuk ditutupi oleh tangan, itu harus langsung dicuci. Atau tutup dengan kain, misalnya sapu tangan, jadi bakteri-bakterinya tidak menyebar ke udara, tapi diam di kain," ujar dr Nina Irawati, SpTHT, pada simposium FKUI bertajuk "Improving Medical Care Quality Through Updating Knowledge and Skills" di Room Puri Agung, Hotel Grand Sahid, Jakarta, Minggu (18/3/2012).

Dokter Nina mengingatkan, pemakaian masker harian tidak boleh digunakan berhari-hari. Agar efektif menghindarkan diri dari gejala penyakit, pemakaian masker sekali pakai harus digunakan satu kali setelah dipakai seharian. Terlebih jika sedang batuk atau flu, harus lebih sering diganti.

"Terlebih jika sedang sakit, batuk terus atau bersin terus. Masker harian tersebut harus sering diganti, setidaknya dua sampai tiga kali sehari diganti, jangan pakai yang itu-itu saja karena banyak mengandung kuman," sarannya.

Sebagai preventif agar tidak terkena akumulasi bakteri dalam masker, bila batuk usahakan tidak di dalam masker. "Itu bakterinya nempel di masker, terhirup, justru akan membuat alergi. Ya, jadi kalau batuk saat menggunakan masker, lebih baik dibuka dulu maskernya, lalu ditutup dengan tangan, tetapi harus langsung bersihkan tangannya, cuci tangan, agar bakterinya hilang dan tak menular dari tangan atau tutup dengan kain," paparnya.

Lebih lanjut, dokter Nina menjelaskan bahwa sampai saat ini memang belum ada penelitian mengenai seberapa efektif pemakaian masker harian yang menjadi fenomena di masyarakat.

"Penelitiannya belum ada yah, jadi kalau ditanya efektif atau tidak, lebih baik perlu dilakukan penelitian dahulu. Saya rasa bagus itu untuk diteliti seberapa efektifnya agar lebih pasti ya. Harus ada pembuktian dulu, penggunanaan masker itu efektif atau tidak, tetapi untuk preventif itu sih boleh-boleh saja," tutupnya


sumber : http://health.okezone.com/read/2012/03/18/486/595501/aturan-pakai-masker-saat-batuk
Program Penjualan Sederhana  :
> Download Program Penjualan Sederhana

Tidak ada komentar: