regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Penjara di Indonesia: Napi Banyak, Sipir Sedikit

Berita tanggal : 23/02/2012
Petugas pemadam kebakaran terlihat di penjara Kerobokan di Denpasar, Bali, Rabu (22/2), setelah kerusuhan yang meletus semalam menyusul penikaman seorang narapidana. AP/Firdia Lisnawati

Jakarta - Kriminolog Universitas Indonesia, Adrianus Meliala, menyatakan perbaikan manajemen penjara hanya bisa dilakukan jika ada perubahan sistem secara menyeluruh. "Perkuat segala hal untuk mengatur kehidupan di penjara," ujarnya pada Rabu, 22 Februari 2012.

Ia menjelaskan perlu dilakukan berbagai operasi untuk membersihkan praktek ilegal di penjara. Operasi yang dilakukan asalnya dari struktur. Menurut Adrianus, struktur yang ada selama ini mengalami ketimpangan.

"Jumlah petugas sangat sedikit dibanding dengan narapidana, pasti petugas kalah," ujarnya. Jika jumlah petugas lebih banyak lagi, pasti akan seimbang sehingga lebih mudah menangani konflik di penjara.

"Akhirnya sipir memilih cari aman, membebaskan banyak hal di penjara," ujar Adrianus. Karena bebasnya peraturan di penjara, sehingga yang berkuasa justru para narapidana.

Ia juga mengatakan fasilitas di penjara juga penting. Sebab, kebanyakan penjara, jumlah penghuninya melebihi kapasitas. Kelebihan kapasitas, menurut Adrianus, juga salah satu penyebab terjadinya konflik.

Pertikaian terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan, Bali, pada Ahad, 19 Februari 2012, yang berujung pada penusukan salah seorang narapidana. Pertikaian berlanjut pada Rabu, 22 Februari 2012. Sejumlah narapidana yang marah membakar pintu depan lapas. Akibatnya api merembet hingga gedung kantor pegawai.

Diskriminasi petugas lapas terhadap narapidana diduga menjadi penyebab konflik. Lapas tersebut dihuni oleh 1.050 orang, padahal kapasitas gedung hanya untuk 300 orang. Hingga kini, penyelidikan masih terus dilakukan.

sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/02/23/063385842/Penjara-di-Indonesia-Napi-Banyak-Sipir-Sedikit
Program Penjualan Sederhana  :
> Download Program Penjualan Sederhana

Tidak ada komentar: