regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Pelabuhan Tanjung Priok Kali Pertama Layani Kapal Raksasa

Berita tanggal : 05/02/2012

Jakarta: Pelabuhan Tanjung Priok untuk kali pertama akan menerima kedatangan kapal berkapasitas di atas 4.000 TEUs (twenty-feet equivalent units) yang juga menjadi kapal terbesar yang bersandar dalam sejarah kepelabuhanan Indonesia.

"Kedatangan kapal ini merupakan refleksi atas kepercayaan yang diberikan masyarakat kepelabuhan internasional kepada Pelabuhan Tanjung Priok," kata Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Pelindo II, RJ Lino, Ahad (5/2).

Menurut RJ Lino, peningkatan layanan kepelabuhan yang selama ini terus dipacu Pelindo II membuktikan bahwa pihaknya serius membenahi pelabuhan di bawah naungan perusahaan dan mampu bersaing di tingkat internasional.

Kapal terbesar yang masuk ke pelabuhan di Indonesia itu adalah kapal Northern Loop Service yang dioperasikan Maersk Line dan dijadwalkan akan bersandar di Jakarta International Container Terminal (JICT) sekali dalam sepekan.

Kedatangan kapal tersebut juga merupakan salah satu bentuk kelanjutan dari penandatanganan Nota Kesepahaman yang telah dilakukan Pelindo II dengan AP Moller - Maersk A/S di Kopenhagen, Denmark, pada September 2011.

Selain mengenai kerja sama pelayanan langsung melalui sistem direct call di Pelabuhan Tanjung Priok, kedua pihak juga menyepakati investasi yang dilakukan Maersk Line dalam mendukung perekonomian Indonesia di zona perdagangan global.

Secara spesifikasi, kapal terbesar yang akan bersandar di JICT ini merupakan kapal Maersk Diadema dengan kapasitas 4.546 TEUs dengan panjang keseluruhan 291,68 meter dan berat bobot mati 58.241 GT (gross ton).

Kapal tersebut juga dijadwalkan akan melayani rute Brisbane-Jakarta-Singapura-Malaysia-Brisbane.

Selain itu, RJ Lino juga mengemukakan bahwa kedatangan kapal milik operator besar seperti Maersk Line secara reguler itu juga akan meningkatkan kepercayaan operator internasional lain untuk menggunakan fasilitas kepelabuhanan di Indonesia dan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Apalagi di tahun 2011, ia mengingatkan bahwa jumlah kontainer yang melakukan transshipment di Singapura, Port Klang, dan Tanjung Pelepas tinggal 18 persen atau menurun jauh dari tahun 2008 yang mencapai hingga tingkat 70 persen.

"Ke depan, tentunya kita harapkan kapal-kapal besar lain juga akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok. Sejalan dengan ini, tentunya kami juga akan benahi serta tingkatkan seluruh fasilitas terminal yang ada di sini," katanya.

sumber : http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/02/05/80969/Pelabuhan-Tanjung-Priok-Kali-Pertama-Layani-Kapal-Raksasa/2
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana
Belanja Hemat : 
- Keran Murah Berkualitas

- Obral Buku Murah
- Belanja Hemat Asesoris Komputer & Elektronik

Tidak ada komentar: