regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Musik Membantu Mengatur Waktu Tidur Bayi

Artikel tanggal : 17/02/2012
Stimulasi musik bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak dan juga mengatur 'jam malam' anak.

Stimulasi musik bagi janin telah lama diketahui mampu meningkatkan kecerdasan anak. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya stimulasi ini sudah dilakukan selama masa trimester pertama. Pada trimester pertama ini, otak anak akan mulai dibentuk. Rangsangan dari musik akan membantu perkembangannya dengan maksimal.
Menurut  dr Tri Yuniarti, SpOG, spesialis kebidanan dan kehamilan dari RS Yadika, Jakarta, pada dasarnya semua jenis musik bisa digunakan untuk menstimulasi kecerdasan otak bayi. "Tidak hanya musik klasik saja, tapi semua musik bisa. Ini semua tergantung dari aktivitas bayinya," tukasnya dalam bincang-bincang "Rahasia Hamil Sehat agar Janin Sehat dan Cerdas" beberapa waktu lalu.
Musik klasik yang tenang akan membuat bayi menjadi lebih tenang, sementara musik yang cenderung kencang atau nge-beat membuat anak lebih aktif bergerak dalam rahim. Dalam beberapa kasus, musik klasik yang tenang membuat bayi menjadi sangat tenang dan tak bergerak sehingga membuat para ibu hamil menjadi ketakutan akan aktivitas bayi di dalam kandungan. Ketika hal ini terjadi, coba rangsang anak dengan memperdengarkan jenis musik dengan tempo yang lebih cepat.
Menurut Tri, sebenarnya janin sudah bisa mendengar dan mengingat  pada usia 24 minggu lebih. Ketika dirangsang dengan berbagai jenis musik, janin bisa mendengar dan mengikuti sesuai irama musik dan mengingatnya ketika sudah lahir. Hal inilah yang memacu daya ingat bayi menjadi semakin hebat karena sudah dilatih sejak dalam kandungan.
"Pemberian stimulasi musik ini punya banyak efek baik untuk anak ketika lahir, dan membantu mengatur jadwal tidur anak, karena mereka sudah punya 'jam malam' sendiri ketika di dalam perut dalam kondisi yang tenang," tuturnya.
Waktu yang paling baik untuk memberikan stimulasi musik untuk bayi adalah pada pagi dan malam hari. Namun agar waktu tidur anak lebih mudah diatur, buat penanda dengan memberikan jenis musik yang berbeda pada pagi dan malam hari. Pada pagi hari, sebaiknya pasang lagu-lagu yang riang dan ceria untuk membangkitkan semangat dan aktivitas anak. Kemudian, berikan musik klasik atau musik yang tenang lainnya saat anak (dan ibu) akan tidur malam. "Ini akan membantu mereka mengenali kapan mereka tidur dan bangun pagi ketika mereka sudah lahir nantinya," pungkasnya.

sumber : http://female.kompas.com/read/2012/02/17/10004773/Musik.Membantu.Mengatur.Waktu.Tidur.Bayi
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana
Belanja Hemat : 
- Keran Murah Berkualitas

- Obral Buku Murah
- Belanja Hemat Asesoris Komputer & Elektronik

Tidak ada komentar: