regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Luangkan 4 Jam untuk Olahraga Biar Pikiran Tak Mudah Stres

Artikel tanggal : 27/02/2012

Hiburan seperti karaoke dan pergi berlibur saja tidak cukup untuk mengatasi stres di tempat kerja. Ketahanan fisik juga penting, karenanya luangkan waktu sedikitnya 4 jam tiap pekan jika tak ingin pikiran gampang stres dan jatuh sakit.

Penelitian terbaru di Tel Aviv University menunjukkan, karyawan yang rajin berolahraga memiliki ketahanan fisik dan mental yang lebih kuat di tempat kerja. Tidak perlu berjam-jam, olahraga selama 2,5 jam hingga 4 jam tiap pekan sudah cukup memberikan manfaat.

Manfaat yang bisa langsung dirasakan dari olahraga rutin adalah kemampuan untuk mengatasi stres akan meningkat. Seseorang yang jarang stres memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sehingga secara fisik juga bermanfaat karena menjadi jarang sakit.

Olahraga juga bisa menurunkan risiko burnout atau hilangnya semangat kerja akibat keletihan fisik dan mental secara berlebihan. Burnout sangat mengurangi produktivitas, lalu dampaknya sama seperti stres yakni bisa memicu depresi dan menurunkan daya tahan tubuh.

"Stres dan burnout bisa membuat orang kehilangan banyuak hal, terutama mata pencaharian. Dampaknya panjang, seperti kehilangan tempat tinggal, rumah tangga berantakan dan juga kehilangan rasa percaya diri," kata Dr Sharon Toker yang memimpin penelitian ini seperti dikutip dari Dailymail, Senin (27/2/2012).

Dalam penelitian yang dimuat di Journal of Applied Psychology tersebut, Dr Toker meneliti 1.632 partisipan orang dewasa sehat. Para partisipan dikondisikan dalam rutinitas olahraga yang berbeda lalu diamati perkembangannya terus menerus selama 9 tahun.

Kelompok pertama tidak menjalani olahraga rutin, kelompok kedua olahraga 75-150 menit tiap pekan, kelompok ketiga olahraga rutin 150-240 menit tiap pekan dan kelompok terakhir lebih dari 240 jam tiap pekan. Kondisi ini dimonitor terus menerus melalui rekam medis dan kuesioner.

Hasil pengamatan menunjukkan, partisipan yang melakukan olahraga rutin 2,5 jam tiap pekan 50 persen lebih jarang mengalami stres dan burnout dibanding yang tidak olahraga. Namun manfaat terbaik diperoleh partisipan yang berolahraga selama 240 menit atau sekitar 4 jam tiap pekan.

sumber : http://health.detik.com/read/2012/02/27/071948/1852027/766/luangkan-4-jam-untuk-olahraga-biar-pikiran-tak-mudah-stres?l1101755
Program Penjualan Sederhana  :
> Download Program Penjualan Sederhana

Tidak ada komentar: