regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Ilmuwan Australia Bikin Transistor Seukuran Atom

Berita tanggal : 22/02/2012

SEJUMLAH ilmuwan Australia mengklaim telah menciptakan sebuah transistor berukuran atom. Penemuan ini bisa menjadi awal teknologi nano generasi berikutnya.

Perangkat mikroskopis itu terbuat dari atom tunggal fosfor yang ditanam dalam silikon yang merupakan "gerbang" untuk mengontrol aliran listrik dan kontak logam yang juga berukuran atom.

Penelitian yang dipimpin Martin Fuechsle tersebut membuktikan bahwa sangat mungkin untuk memosisikan satu atom fosfor ke dalam silikon.

"Sebelumnya, transistor berukuran atom telah berhasil dibuat. Namun, itu pun hanya kebetulan," kata Michelle Simmons, Direktur Pusat Komputasi Kuantum dan Komunikasi dari Universitas New South Wales, Australia.

Sebuah kristal silikon dimanipulasi pada tingkat molekul dengan menggunakan mikroskop berujung logam yang sangat halus, reaksi kimia yang dihasilkan, digunakan untuk menyatukan transistor atom pada permukaan silikon tersebut. Perangkat tersebut hanya beroperasi dalam hitungan menit saja dan di suhu ekstra dingin yang berasal dari cairan helium.

Pengembangan mikrochip selama 50 tahun terakhir merupakan pembuktian dari Hukum Moore yang ditemukan oleh Gordon Moore, pendiri perusahaan chip Intel. Ia memprediksi bahwa jumlah transistor pada sebuah chip akan berlipat ganda setiap 18 bulan sekali. Namun, dengan penemuan transistor berukuran atom, pendapat Moore akan sangat mungkin dibantah.

sumber : http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/02/22/82674/Ilmuwan-Australia-Bikin-Transistor-Seukuran-Atom/13
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana

Tidak ada komentar: