regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Hilangi Rasa Takut dengan Dokter Gigi Melalui Hypnodontia

Artikel tanggal : 17/02/2012

Tak sedikit orang yang takut pergi ke dokter gigi, mulai dari takut dengan alatnya sampai trauma karena punya pengalaman tidak menyenangkan dengan dokter gigi. Tapi rasa takut ini bisa hilang dengan menggunakan hypnodontia.

Banyak hal yang bisa membuat seseorang takut ke dokter gigi, seperti membayangkan betapa mengerikan saat alat-alat dimasukkan dalam mulut, mendengar suara bor dan bunyi alat yang menyeramkan, atau bertemu dengan dokter yang galak.

"Sebenarnya semua ketakutan yang tidak beralasan ini tidak perlu terjadi jika ada komunikasi yang interaktif dengan pasien. Dokter harus sabar dan menciptakan situasi yang nyaman bagi diri pasien. Dengan hypnodontia, insyaallah permasalahan gigi bisa teratasi dengan baik," ujar drg Chairunnisa Amarta, SpBM, NLP dalam acara peluncuran buku 'Hypnodontia Wawasan Baru Perawatan Gigi' di Kuningan Village, Kamis (16/2/2012).

Hypnodontia merupakan gabungan antara cara hypnosis dengan ilmu kedokteran gigi. Hypnosis sendiri adalah cara elegan untuk berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar seseorang (unconscious mind).

Bagi dokter gigi, hypnodontia ini bisa menenangkan dan menyamankan pasien sehingga kecemasan hilang, serta kebiasaan buruk seperti menggigit barang atau menggesek gigi saat tidur bisa dihilangkan.

"Saya ingin mengobati dan melayani pasien dengan tepat, aman dan nyaman. Melalui hypnosis, saya bisa akrab dengan pikiran bawah sadar pasien sehingga tindakan yang dilakukan bisa mengoptimalkan kekuatan penyembuhan dalam diri pasien sendiri," ujar dokter yang akrab disapa Irun.

Hypnosis yang dilakukan oleh drg Irun ini menggunakan kata-kata ramah yang bisa membuat pasiennya menjadi nyaman. Kalau sudah nyaman maka apa pun bisa terjadi, nantinya kenyamanan ini pun berimbas pada saat dilakukan tindakan perawatan.

"Jadi bedanya adalah pada cara komunikasi serta penanganan, dan sebenarnya yang hebat itu pasiennya karena dia bisa mengimajinasikan kata-kata yang dikeluarkan oleh si hipnotis itu dalam hal ini dokter gigi," ujar drg Irun.

drg Irun menuturkan selama pasien tidak menutup mulut atau memberikan perlawanan untuk menahan alat yang dimasukkan ke dalam mulut maka ia masih merasakan nyaman dan perawatan bisa terus diterima.

"Misalnya secara logika orang yang rileks saat diperiksa mulut ia akan rileks juga dan enggak berusaha menahan atau menutup mulut. Lain lagi dengan gerakan tangan, misalnya tiba-tiba tangannya menarik biasanya saya langsung sedikit tekan bagian lengan atas pasien dengan siku maka ia akan menjadi rileks lagi," ujar dokter kelahiran Takengon, Aceh, 42 tahun silam.

drg Irun menuturkan hypnodontia ini bisa dilakukan sejak usia berapa pun termasuk pada anak-anak. Justru drg Irun menuturkan anak-anak lebih mudah ketimbang orang dewasa karena pada orang yang tua kritisnya masih ada.

Kalau pasiennya anak-anak, maka drg Irun akan menggunakan dunia anak, yang selama ini banyak terjadi adalah dokter menganggap anak-anak adalah orang dewasa kecil sehingga kadang membuat anak tidak merasa nyaman.

"Anak-anak itu identik dengan dunia bermain, biasanya saya menyarankan membawa barang kesukaan si anak, nanti saya pelajari bagaimana tokoh dalam cerita tersebut," ujar dokter yang mendapatkan gelar dokter gigi dari FKG Trisakti pada tahun 1993.

drg Irun menceritakan ia pernah mendapatkan pasien anak yang gemar sekali main game, ketika datang anak itu sedang asyik sekali bermain game. drg Irun pun berusaha memahami permainan yang dimainkan sambil mengajaknya berbicara dan membuat anak itu nyaman, tanpa terasa ia berhasil mencabut gigi si anak tanpa rasa sakit.

"Pada dasarnya setiap orang mampu melakukan sugesti untuk dirinya sendiri, selain itu saya tidak pernah menggunakan kata sakit tapi diganti dengan rasa tidak nyaman dan jika hanya pencabutan biasa kadang tidak membutuhkan analgesik (obat penghilang rasa sakit)," ujar drg Irun.

sumber : http://health.detik.com/read/2012/02/17/094323/1844785/766/hilangi-rasa-takut-dengan-dokter-gigi-melalui-hypnodontia?l1101755
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana
Belanja Hemat : 
- Keran Murah Berkualitas

- Obral Buku Murah
- Belanja Hemat Asesoris Komputer & Elektronik

Tidak ada komentar: