regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Gangguan Pencernaan yang Bisa Diringankan dengan Sit Up

Artikel tanggal : 02/02/2012

Olahraga sit up diketahui bisa membantu mengecilkan dan mengurangi lemak di perut. Tapi ternyata olahraga sederhana ini juga bisa membantu atasi gangguan seputar pencernaan.

Mendapatkan resep untuk melakukan sit up jika mengalami gangguan pencernaan mungkin terdengar agak aneh. Namun tanpa disadari, sit up bisa memiliki beberapa manfaat yang dapat meningkatkan fungsi saluran pencernaan.

Salah satu gangguan yang bisa diatasi adalah perut kembung. Bila seseorang memiliki otot yang tegang maka cenderung mengembangkan kembung dan terasa penuh gas. Jika seseorang melakukan sit up maka bisa membantu meningkatkan otot perut dan melonggarkannya, seperti dikutip dari Livestrong, Kamis (2/2/2012).

Saat perut banyak gas dan kembung maka usus akan meluas, jika seseorang memiliki otot yang tegang maka ada ruang yang kurang untuk gas tersebut. Sebaliknya gas cenderung mendorong saluran pencernaan dan keluar lewat dubur. Sit up membantu mempermudah pengeluaran gas tersebut.

Dalam beberapa kasus, gas yang berlebihan dan kembung bisa menunjukkan kondisi medis yang serius dan butuh pertolongan. Kondisi perut kembung dan penuh gas berhari-hari atau bersendawa lebih dari 23 kali sehari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Gangguan lain yang bisa diatasi adalah meringankan sembelit yaitu salah satu keluhan kesehatan yang paling umum. Perempuan terutama yang sedang hamil, orang di atas usia 65 tahun dan yang baru menjalani operasi lebih rentang mengalami sembelit.

Olahraga senam secara menyeluruh yang mencakup sit up diketahui dapat membantu mencegah atau mengurangi sembelit, sehingga seseorang lebih lancar untuk buang air besar.

Namun tak semua gangguan pencernaan bisa diatasi dengan sit up. Masalah seperti gastroesophageal reflux (naiknya asam lambung atau makanan yang dicerna ke kerongkongan) justru bisa memburuk dengan melakukan sit up.

Jika ingin melakukan sit up sebaiknya jangan setelah makan atau makan berat karena tubuh perlu waktu untuk mencernanya. Selain itu gunakan pakaian yang longgar untuk menempatkan sedikit tekanan di perut.

sumber : http://www.detikhealth.com/read/2012/02/02/083030/1832069/766/gangguan-pencernaan-yang-bisa-diringankan-dengan-sit-up?l1101755
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana
Belanja Hemat : 
- Keran Murah Berkualitas

- Obral Buku Murah
- Belanja Hemat Asesoris Komputer & Elektronik

Tidak ada komentar: