regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Barter Produk Jatim dengan Kalbar

Berita tanggal : 22/02/2012
Kalangan pengurus Kadin Kalbar makan malam bersama dengan jajaran pengurus Kadin Jatim, Senin malam (20/2/2012)

PONTIANAK - Ratusan pengusaha dari Kalbar dan Jatim berkumpul dan bertatap muka membicarakan peluang kerjasama berbagai bidang usaha dalam acara Business to Business Meeting Jatim-Kalbar 2012 di Hotel Mercure, Pontianak, Selasa (21/2/2012).
Dalam pertemuan yang dikemas dalam bentuk One on One Business Meeting itu, sebanyak 36 pengusaha asal Jatim difasilitasi oleh Pemprov dan Kadin Jawa Timur untuk mencari mitra kerja dalam memasarkan produknya.
Pengusaha Kalbar menyatakan ketertarikan dan bersedia menjadi mitra. Meski begitu, baik pengusaha Kalbar maupun Jatim mengakui pertemuan itu masih tahap awal dan masa penjajakan kerjasama untuk menuju final.
Pengusaha batik Pontianak, Sisa Primashinta, mengatakan, setelah pertemuan dan mengamati produk yang ditawarkan oleh pengusaha Jatim, ia tertarik bekerjasama dan melakukan penjajakan bisnis untuk mengembangkan desain batik sesuai dengan motif yang diinginkan.
"Usai pertemuan pasti ada penjajakan bisnis. Kami ingin mencari pengrajin dari sana untuk membuat desain sesuai dengan motif yang kamiharapkan, seperti motif Tidayu. Atau, kita akan ekspansi ke sana untuk memperkaya motif batik nusantara maupun sebaliknya," ujarnya.
Sisa mengatakan, saat ini masih tahap penjajakan dan perkenalan, serta belum membicarakan lebih detail bentuk kerjasama yang disepakati sesama pengusaha.
Adi Gunawan, pengusaha furnitur yang tertarik kerjasama dengan pengusaha pupuk dan furniture asal Jatim, juga mengatakan, pertemuan akan ditindaklanjuti untuk membahas inti proses kerjasama.
"Ini adalah pertemuan awal yang masih perlu ditindaklanjuti untuk menjalin kerjasama yang serius. Kita mau kerjasama yang terjalin tidak hanya produk mereka masuk ke sini (Kalbar), tapi produk kita bisa dipasarkan ke Jawa Timur, sehingga saling menguntungkan sesama pengusaha," ucap Adi yang juga Sekretaris Umum BPD Hipmi Kalbar ini.
Pengusaha makanan Pontianak, Taryati Sukmawati, tertarik dengan hasil produksi makanan yang dikembangkan pelaku UKM Jawa Timur.
Sukma mengatakan sudah membicarakan kerjasama dengan pengusaha makanan asal Jawa Timur. Di antaranya, membahas pertukaran produk antara hasil produksi makanannya yang berbahan baku melinjo dengan produksi Jawa Timur yang mengandalkan pisang.
 "Pembicaraan bisnis kita hampir deal. Saya cenderung dengan konsep saya sendiri, seperti produk makanan dari melinjo sedangkan produk mereka dari bahan baku pisang. Tapi, masih terkendala dengan harga. Harga cocok akan kita deal, karena harga yang mereka tawarkan juga tergantung dengan kemasannya," tutur Sukma.
Hal sama dikatakan pengusaha dodol lidah buaya, Nazaruddin. "Sudah ada titik awal yang baik, kita akan saling tukar produk untuk dipasarkan. Jika sambutan masyarakat positif dan bisa terima produk makanan ringan khas daerah Jawa Timur, maka kerjasama lebih lanjut akan dibicarakan," ungkapnya.
Sementara pengusaha produk makanan, Rendra, mengatakan, beberapa pengusaha Kalbar sudah melakukan transaksi atas contoh produk yang mereka bawa dari Jawa Timur. "Kita akan saling barter untuk tahap awal, sebelum melakukan transaksi dalam jumlah besar. Dari segi harga dan kualitas produk kita cukup bersaing," bebernya.
Pengusaha Pupuk PT Lintang Borneo Mandiri, Nurul Farida Ekawati, mengatakan, ada beberapa perusahaan pupuk di Kalbar menyatakan bersedia kerjasama memasarkan pupuk dari perusahaannya.
Di antaranya CV Equator Agro Trading bergerak dibidang agri bisnis, KSU Harmonis begerak di koperasi sawit, dan CV Ghama Persada, serta distributor pupuk NPK Pelangi Wijaya Kalbar.
"Mereka yang bersentuhan langsung dengan petani, sudah bersedia kerjasama, tapi masih perlu follow up. Berminat kerjasama sudah ada namun perlu dimatangkan, dan kita sudah memberikan range harga serta cara pembayaran kepada pengusaha sini. Setelah dua hari ke depan akan kami  kirimkan surat penawaran," jelasnya.

sumber : http://www.tribunnews.com/2012/02/22/barter-produk-jatim-dengan-kalbar
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana

Tidak ada komentar: