regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Virus Android dan Tren Program Jahat 2012

Berita tanggal : 01/01/2012


Virus Android

Pertumbuhan Android dan semakin banyaknya pengguna OS Android ditahun 2011 semakin “mengukuhkan” para penjahat kriminal untuk membuat virus dan  menjadi “ladang” baru setelah sistem operasi Microsoft yang di awali dengan kemunculan trojan Android.plankton yang memanfaatkan popularitas game Angry Bird, hal ini  membuktikan Android saat ini bukanlan OS yang aman lagi.

Secara logis memang hal ini tinggal menunggu waktu, karena pembuat malware akan berusaha untuk menyerang OS yang paling populer. Saat ini malware terbanyak masih menyerang OS Windows, tetapi melihat kepopuleran Android, pembuat malware kelihatannya tergoda untuk menyerang OS ini.

Bersamaan dengan peluncuran versi Angry Birds yang terbaru dengan nama Angry Birds Rio, di mana seperti biasanya game yang didapatkan secara gratis pada Android Market (baik di ponsel maupun tablet Android) ini hanya memberikan jumlah (level) game yang terbatas karena level yang lain masih terkunci.

Di sinilah pembuat malware melihat celah dan beraksi dengan membuatkan aplikasi dengan nama “Angry Birds Rio Unlock” yang menjanjikan akan membuka seluruh level yang tersembunyi pada game Angry Birds Rio.
 
Banyak hal yang dapat dilakukan oleh virus android salah satunya adalah akan mengirim SMS ke nomor premium yang akan menguras pulsa ponsel Anda, Mengunduh aplikasi lain tanpa sepengetahuan pemilik perangkat serta mengirmkan data deviceID, versi SDK (Software Development Kit) dan informasi mengenai hak akses dari file ke server yang telah disediakan pembuat trojan.


Bagaimana dengan virus Lokal?


Penyebaran virus lokal di tahun 2011 menurun dibandingkan tahun sebelumnya kalaupun ada adalah virus-virus yang pernah menyebar di tahun sebelumnya dan beberapa virus lokal lainnya dengan kemampuan yang sama yakni menduplikasi dirinya di setiap folder dan subfolder.

Bagaimana trend malware di tahun 2012
?

Dilihat dari penyebaran malware di tahun 2011, di tahun 2012 media sosial networking seperti YM dan Facebook masih menjadi incaran empuk para kriminal begitupun dengan penyebaran scareware/fakeav akan masih hidup di 2012.

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah bagi para pengguna Android hal ini melihat karena semakin pesat nya pertumbuhan Android dan semakin banyaknya pengguna Andorid.

Perlu langkah bijak dalam menghadapi serangan ini, selalu update informasi perkembangan virus, proteksi komputer dengan menggunakan antivirus yang up-to-date serta mendapat dukungan support lokal beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah paling tidak memperkeci peluang virus untuk menyebarkan dirinya.

Salam dan selamat tahun baru 2012. Semoga kebahagiaan dan kesuksesan selalu beserta anda.

*Penulis: Adang Jauhar Taufik, akrab dengan akronim AJ Tau, adalah analis antivirus di Vaksincom.

sumber :  http://tekno.kompas.com/read/2012/01/01/0813248/Virus.Android.dan.Tren.Program.Jahat.2012
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana
Belanja Hemat : 
- Obral Buku Murah
- LED AOC new Only 650rb 
- Belanja Hemat Asesoris Komputer & Elektronik



Tidak ada komentar: