regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Olahraga Sambil Jalan di Mal

Artikel tanggal : 06/01/2012

Jakarta, Musim hujan umumnya membuat orang-orang enggan berolahraga di luar ruangan dan merasa lebih nyaman meringkuk di sofa untuk mencari kehangatan. Daripada meneruskan kebiasaan malas, olahraga sebenarnya dapat dilakukan di mana saja dengan cara yang menyenangkan.

Ketika pergi ke mall, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengganti kalori atau waktu yang terbuang percuma karena tidak berolahraga. Seperti dilansir everydayhealth.com, Jum'at (6/1/2012), berikut adalah kiat-kiatnya:

Berjalan Dengan Teman
Berolahraga dalam kelompok akan membuat Anda lebih mungkin menepati rencana olahraga sehari-hari karena berkomitmen kepada orang lain.

"Berjalan di mal gratis dan ketika berbicara dengan teman, Anda tidak akan memperhatikan waktu, sehingga cenderung berjalan lebih lama dan membakar kalori lebih banyak," kata Carlos Woods, pelatih NFL spesialis pengkondisian kekuatan dan performa olahraga.

Datang Lebih Pagi
Jika ingin berolahraga di mall, berjalan paling efektif dilakukan apabila terhindar dari kerumunan orang yang berbelanja. Mall di pagi hari tentu masih sepi dengan pengunjung. Apalagi, berolahraga di pagi hari terbukti meningkatkan metabolisme dan bermanfaat bagi kesehatan.

"Jika mal sedang ramai, akan ada lebih banyak rintangan dan sulit untuk berjalan cukup cepat karena banyak penghalang," kata Michele Melkerson-Granryd, pelatih kebugaran di Arthritis Foundation.

Parkir yang Jauh
Menggunakan trik lama ini bisa jadi cara mudah untuk menambahkan lebih banyak waktu dan tenaga dalam olahraga rutin, di tempat manapun dan kapanpun.

"Kita semua bernaluri untuk menemukan tempat parkir yang paling dekat, seolah-olah itu adalah semacam hadiah. Namun, hadiah sebenarnya adalah manfaat kesehatan yang diperoleh dengan cara mengambil kesempatan membakar beberapa kalori melalui berjalan kaki," ujar Woods.

Naik Tangga demi Kebugaran
Untuk membakar kalori lebih banyak, kapan saja ketika sedang berjalan di mal untuk berbelanja, carilah tangga dan gunakanlah.

"Menaiki tangga adalah salah satu bentuk olahraga kardio yang terbaik dan tergampang membakar kalori dan mengencangkan otot. Hindari lift atau eskalator dan pilihlah tangga. Ini lebih sehat dan berat tambahan dari barang bawaan bisa jadi bonus tambahan untuk membakar kalori," kata Woods.

Gunakan Bangku
Bangku tidak hanya untuk duduk, tapi juga bisa digunakan untuk berolahraga di mal. Bangku di mal dapat berfungsi sama seperti bangku latihan beban di pusat kebugaran. Gunakan bangku kosong untuk melakukan latihan kekuatan rutin seperti melakukan push-up dan dips trisep.

"Setiap jenis latihan kekuatan membakar kalori dua kali lebih banyak daripada olahraga kardio," ujar Woods.

Bawalah Barang Bawaan yang Berat
Olahraga di mal dapat ditingkatkan dengan menjinjing barang yang dibeli untuk keperluan sehari-hari sambil berjalan. Menekuk lutut adalah cara sederhana untuk membakar kalori ekstra dan memperkuat otot sambil berjalan di mal.

"Berjalan sambil membawa bobot adalah investasi kecil dengan manfaat besar karena memungkinkan beberapa otot bekerja sekaligus. Anda dapat melakukan latihan otot bisep, menekan bahu dan meningkatkan kekuatan otot trisep ekstensi sambil berjalan dan menerjang membawa barang bawaan," ujar Woods.

Tetapkan Tujuan
Motivasi dapat menjadi tantangan di mana pun agar dapat menepati rencana olahraga sehari-hari. Untuk menjaga minat dalam menjalankan program olahraga di mal, tetapkan tujuan untuk diri sendiri ketika berjalan.

"Buat penanda seperti sebuah toko atau tempuhlah jarak tertentu ketika berjalan seperti finish di toilet atau food court. Mencapai tujuan kecil seperti ini membantu memperkuat motivasi rencana olahraga untuk jangka panjang," kata Woods.

Dengarkan Musik
Cara jitu untuk menjaga diri sendiri agar dapat berjalan dengan cepat dan membakar kalori adalah dengan mendengarkan musik yang memotivasi.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik sambil berolahraga meningkatkan kenyamanan selama latihan dan mendorong tubuh melakukan aktivitas yang lebih kuat. Buatlah daftar lagu khusus untuk olahraga di mal dan putarlah ketika melakukan latihan agar tidak bosan," jelas Melkerson-Granryd.

Menghadiahi Diri Sendiri
Jika berhasil memenuhi rencana menghabiskan pagi sambil membakar kalori di mal, Anda berhak mendapat hadiah kecil atas usaha itu. Saat berjalan melewati toko, Anda dapat mengamati jendela toko untuk mendapatkan ide-ide hadiahnya.

"Memberikan penghargaan buat diri sendiri adalah ide bagus. Katakan pada diri sendiri bahwa Anda akan membeli gaun baru setelah memenuhi target satu bulan berjalan," ujar Woods.

Di sisi lain, pengeluaran impulsif juga dapat dikekang dengan memaksa diri tidak akan membeli sesuatu yang berharga sebelum tujuan tercapai.
(pah/ir)

sumber :  http://www.detikhealth.com/read/2012/01/06/163506/1808868/766/olahraga-sambil-jalan-di-mal?l1101755
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana
Belanja Hemat : 
- Obral Buku Murah
- LED AOC new Only 650rb 
- Belanja Hemat Asesoris Komputer & Elektronik


Tidak ada komentar: