regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Nutrisi yang Bisa Bikin Mood Baik dan Buruk

Artikel tanggal : 03/02/2012

Jakarta, Makanan tidak hanya dapat mengenyangkan perut dan memuaskan rasa lapar, tetapi juga bisa mempengaruhi suasana hati (mood). Ada beberapa makanan yang membuat suasana hati positif atau malah sebaiknya dapat merusak suasana hati.

Makanan dapat mempengaruhi mood atau suasana hati seseorang, tergantung bagaimana Anda menggunakannya. Ada makanan tertentu yang akan menambah positif pikiran, sementara ada pula yang menyebabkan efek sebaliknya.

Berikut beberapa makanan yang dapat membuat mood baik dan buruk, seperti dilansir timesofindia, Selasa (3/1/2012):

Makanan perusak mood

Saat suasana hati sedang tidak baik, banyak orang yang ingin makan karbohidrat dan tinggi gula. Karbohidrat memang bisa meningkatkan mood karena dapat melepaskan asam amino non-esensial triptofan, yang dapat masuk ke dalam otak dan melepaskan serotonin, sehingga memberi efek menenangkan dan anti-depresan neurotransmiter. Sayangnya, kebanyakan orang salah memilih karbohidrat sederhana.

Karbohidrat sederhana dan makanan tinggi gula mungkin dapat memperbaiki suasana hati, namun itu hanya berlaku sementara dan justru dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang serius.

Saat sedang sedih orang jadi lebih ingin makan makanan yang manis, namun makanan tersebut justru dapat membuat gula darah menjadi tidak stabil yang bisa merusak suasana hati. Selain itu, makanan tinggi gula juga dapat menumpuk lemak dan kalori yang tidak diperlukan serta menghilangkan motivasi untuk melakukan olahraga. Akibatnya, suasana hati bisa semakin buruk.

Makanan peningkat mood

1. Kentang
Kentang merupakan alternatif yang bagus untuk meningkatkan suasana hati karena kaya akan folat, yang dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber terbaik dari mineral selenium yang meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan.

3. Asam lemak omega 3
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 tak jenuh ganda yang ditemukan pada ikan, biji rami dan kenari dapat membantu dalam melindungi terhadap depresi.

4. Telur
Telur merupakan sumber zinc yang membantu Anda terjaga dan energik dengan membantu mengantur metabolisme dan gula darah.

5. Yoghurt
Yoghurt banyak mengandung kalsium dan protein, yang baik untuk mengurangi perubahan suasana hati, depresi dan kecemasan.

6. Bayam
Bayam kaya akan zat besi, yang dapat meningkatkan energi dan konsentrasi, serta membantu mengurangi kelelahan. Bayam juga merupakan sumber vitamin B6 dan folat, yang penting untuk mendukung kemampuan otak untuk menghasilkan neurotransmitter yang meningkatkan suasana hati.


(mer/up)

sumber :  http://www.detikhealth.com/read/2012/01/03/074131/1805110/766/nutrisi-yang-bisa-bikin-mood-baik-dan-buruk?l1101755
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana
Belanja Hemat : 
- Obral Buku Murah
- LED AOC new Only 650rb 
- Belanja Hemat Asesoris Komputer & Elektronik

Tidak ada komentar: