regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Cara Memulai Kebiasaan Hidup Sehat

Artikel tanggal : 12/01/2012

Jakarta, Awal tahun adalah saat memulai sesuatu yang baru termasuk melakukan kebiasaan hidup sehat. Tapi hal yang sulit bukanlah memulainya, melainkan cara mempertahankannya. Bagaimana caranya?

"Jika kita ingin benar-benar berubah, maka perlu mencari cara agar terus termotivasi atau bergairah untuk melakukannya sehingga bisa bertahan lama," ujar Craig Harper, seperti dikutip dari Abc.net.au, Kamis (12/1/2012).

Harper menuturkan langkah pertama yang harus diterapkan adalah menerima pada diri sendiri bahwa perubahan yang dilakukan akan menimbulkan ketidaknyamanan, misalnya harus bangun lebih pagi untuk berolahraga atau menghindari makanan yang disenangi.

"Dengan menerima ketidaknyamanan yang akan terjadi, kita akan lebih mudah mempersiapkan diri jika menghadapi tantangan saat melakukan perubahan tersebut," ujar Harper.

Selain itu cobalah tanyakan pada diri sendiri cara mana yang terbaik dilakukannya dengan memperhatikan faktor genetika, usia serta kepribadian yang dimilikinya. Hal ini bisa mempengaruhi seberapa mudah atau cepat seseorang mengubah kebiasaannya.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Social Psychology menemukan dengan melakukan hal yang sama selama 18-254 hari maka secara otomatis kegiatan tersebut akan menjadi kebiasaan rutin dan makin mudah dilakukan dari waktu ke waktu.

Untuk itu ada beberapa hal yang bisa membantu seseorang mempertahankan kebiasaan sehatnya yaitu:


  1. Jangan mencoba melakukan perubahan terlalu banyak atau secara sekaligus, tapi mulailah dari hal-hal kecil
  2. Milikilah satu alasan kuat mengapa harus melakukan perubahan tersebut dan katakan pada diri sendiri 'Saya benar-benar harus melakukan hal itu'.
  3. Ketahui manfaat apa yang bisa didapatkan jika berhasil melakukan perubahan tersebut
  4. Luangkan waktu untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baru ini, misalnya bangun 1 jam lebih awal.
  5. Buatlah sesuatu yang bisa menjadi pengingat yang kuat, misalnya dengan menuliskan tujuan dari perubahan ini di dinding kamar atau meletakkan foto yang menggambarkan hasil yang akan didapatnya.
  6. Memantau kemajuan yang ingin didapatnya, misalnya melalui buku harian atau catatan kegiatan rutin.


(ver/ir)

sumber :  http://www.detikhealth.com/read/2012/01/12/073907/1813222/766/cara-memulai-kebiasaan-hidup-sehat?l1101755
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana
Belanja Hemat : 
- Obral Buku Murah
- LED AOC new Only 650rb 
- Belanja Hemat Asesoris Komputer & Elektronik



Tidak ada komentar: