regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Agar Tak Boros Uang Belanja

Artikel tanggal : 10/01/2012
Bedakan antara kebutuhan dan keinginan untuk berbagai barang belanjaan agar Anda tak kebobolan
Hal yang paling sulit dilakukan dalam berbelanja adalah mengerem rasa "gatal" untuk membeli berbagai barang yang menarik. Hal inilah yang akhirnya membuat Anda justru kebobolan dan menghabiskan banyak uang untuk berbelanja. Kesulitan umum yang sering dihadapi adalah membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengontrol keinginan berbelanja dan pengeluaran Anda.

1. Buat budget
"Anda tidak mungkin bisa berbelanja sesuai budget jika Anda tidak memiliki budget untuk belanja," ungkap Karen Hoxmeier, pemilik MyBargainBuddy.com, salah satu website manajemen keuangan.

Karen menyarankan untuk melihat kembali semua tagihan utang dan rencana keuangan Anda. "Gambarlah seberapa banyak pengeluaran Anda, seberapa banyak pengeluaran Anda, dan berapa banyak uang yang bisa Anda alokasikan untuk belanja," tukasnya. Selain membuat anggaran uang belanja, berikan juga alokasi waktu khusus untuk berbelanja. Jika Anda berbelanja dengan terburu-buru, Anda akan lebih mungkin menghabiskan banyak uang untuk membeli barang yang tidak Anda butuhkan.

2. Tengok "toko sebelah"
"Jangan terlalu cepat untuk melakukan pembelian. Jika Anda belanja online, sebaiknya cek dulu beberapa situs web sebelum memutuskan membeli, karena kadang ada beberapa web yang memberikan harga yang lebih murah dan bisa membantu Anda menghemat," tukas Samer Forzley, wakil presiden eBillme.com, salah satu website manajemen keuangan. Forzley mengatakan, ketika sudah membuat anggaran belanja, taati anggaran tersebut agar pengelolaan keuangan Anda berjalan lancar.

"Mempertahankan anggaran adalah salah satu cara terbaik untuk tidak memboroskan uang dan menghindari utang. Dengan menjaga anggaran pengeluaran, Anda bisa mengontrol dan mengidentifikasi dimana Anda bisa memotong anggaran yang tak diperlukan di bulan depan," tambahnya.

3. Pertimbangkan "peak season"
Biarkan label harga menjadi panduan Anda saat belanja. Jika Anda sedang mencari sebuah benda tertentu, tetaplah berpikiran terbuka, kreatif, dan fleksibel. "Misalnya ketika Anda mencari karpet baru untuk ruang tamu, jangan terpaku pada ukuran atau gaya tertentu. Carilah benda tersebut di beberapa toko, lalu cek harganya. Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang lebih baik dan lebih terjangkau," tukas Hoxmeier.

Selain itu, pertimbangkan juga peak season saat berbelanja. Barang-barang akan menjadi lebih mahal ketika masa liburan, atau mendekati hari raya dan tahun baru. Karena itu, berpikir dulu sebelum berbelanja untuk perayaan tertentu agar Anda tidak mendapat harga yang lebih mahal.

4. Bedakan kebutuhan dan keinginan
Salah satu kunci untuk bisa bertahan dengan anggaran keuangan adalah mengetahui perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. "Sebelum membeli apapun, tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar membutuhkannya. Bisa menawar sebuah barang dengan harga murah atau mendapatkan barang diskonan tidak akan ada gunanya jika hanya berakhir di lemari dan menjadi usang.


sumber :  http://female.kompas.com/read/2012/01/10/09125420/Agar.Tak.Boros.Uang.Belanja
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana
Belanja Hemat : 
- Obral Buku Murah
- LED AOC new Only 650rb 
- Belanja Hemat Asesoris Komputer & Elektronik



Tidak ada komentar: