regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Suasana Duka Bisa Tingkatkan Risiko Serangan Jantung

Berita tanggal : 02/12/2011

Sydney, Berkabung adalah suatu hal yang manusiawi saat ditinggal pergi seseorang yang dicintai untuk selama-lamanya. Namun ada baiknya tidak berlarut-larut, sebab menurut penelitian suasana duka cita bisa meningkatkan risiko serangan jantung.

Saat berada dalam suasana duka, denyut jantung dan tekanan darah seseorang secara umum akan cenderung meningkat. Kondisi ini berhubungan dengan peningkatan risiko berbagai masalah pada jantung dan pembuluh darah, mulai dari serangan jantung hingga stroke.

Hal ini dibuktikan oleh Anastasia Susie Mihailidou dari University of Sydney, saat mengamati 63 orang yang menunggui keluarganya di rumah sakit. Sebagian sedang berduka karena keluarga yang ditunggui akhirnya meninggal, sebagian lagi bahagia karena keluarganya sembuh.

Pada partisipan yang mengalami masa-masa berduka, denyut jantung dan tekanan darah mengalami peningkatan dalam 2 minggu pertama. Setelah itu denyut jantung dan tekanan darahnya kembali stabil, lalu meningkat lagi pada 6 bulan sesudah kematian anggota keluarganya.

"Pada 6 bulan masa berkabung, denyut jantung relatif sudah lebih stabil tetapi tekanan darah biasanya masih naik turun. Kondisi serupa tidak terjadi pada pasien yang keluarganya sembuh dari sakit," kata Anastasia dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Indiavision, Jumat (2/12/2011).

Dengan temuan ini, Anastasia tidak bermaksud untuk melarang seseorang untuk mengekspresikan kesedihannya ketika anggota keluarganya ada yang meninggal. Namun bagi yang memang sudah memiliki risiko sakit jantung, ada baiknya mengantisipasi kecenderungan ini dengan mengonsultasikannya ke dokter.

Orang-orang dikatakan punya risiko sakit jantung antara lain jika memiliki kadar kolesterol di atas rata-rata, berat badan di atas normal dan tidak pernah olahraga. Adanya riwayat stroke dan sakit jantung dalam silsilah keluarganya juga termasuk faktor risiko yang perlu diwaspadai.

(up/ir)

sumber : http://www.detikhealth.com/read/2011/12/02/075008/1780723/763/suasana-duka-bisa-tingkatkan-risiko-serangan-jantung?l1101755
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana
Belanja Hemat : 
- Obral Buku Murah
- LED AOC new Only 650rb 
- Belanja Hemat Asesoris Komputer & Elektronik



Tidak ada komentar: