regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Mewarnai Diferensiasi

Berita tanggal : 19/12/2011
Ilustrasi

Ketika Johnny Andrean mulai memasarkan roti BreadTalk, publik Indonesia terperangah. Sejak pabrik terigu menyebar dan karena itu harga terigu relatif terjangkau masyarakat, pabrik roti tumbuh semarak. Di kota-kota kecil dengan penduduk di bawah 50.000 jiwa, selalu ada perusahaan roti. Lalu mengapa roti BreadTalk menghebohkan?
Kehebohan itu, di antaranya, karena nama roti, rasa, aroma dan ragamnya yang kaya. Saat muncul di Mal Kelapa Gading, antrean panjang bisa terjadi sejak gerai buka hingga tutup pukul 22.00. Johnny jadi buah percakapan karena menembus pasar secara menakjubkan.
Selama beberapa bulan, BreadTalk mendominasi pasar roti di kelas menengah ke atas, khususnya di Jakarta dan beberapa kota besar. Dari sukses BreadTalk, banyak perusahaan roti ikut membuat roti mirip BreadTalk, misalnya roti bermahkota abon.
Munculnya roti dengan model dan rasa hampir sama, tentu saja membuat kinerja BreadTalk tidak berkilau seperti sebelumnya, kendati tidak bisa juga dikatakan anjlok. Pasar BreadTalk masih kuat dan disegani.
Johnny Andrean juga meluncurkan J.Co. Dan seperti BreadTalk, ia diterima hangat pasar Ibu Kota. Bahkan kini, Johnny sudah ekspansi ke Malaysia dan Singapura. Kembali seperti BreadTalk, banyak perusahaan ikut menjual donat yang sama. Mereka setiap hari berpikir menciptakan diferensiasi. Rajin dan ulet saja tidak cukup. Tanpa kekhasan, keunikan produk, sulit menuai sukses.
Kita lihat produk lain. Tatkala Seven Eleven hendak merambah pasar Ibu Kota, mereka terkejut melihat keperkasaan raksasa toko ritel kebutuhan sehari-hari. Fakta yang membuat miris ini menggugah investor Seven Eleven berpikir seribu kali untuk masuk DKI Jakarta.
Akan tetapi, kemudian datanglah ide brilian menggabungkan ritel kebutuhan sehari-hari dengan kafe yang diyakini disukai anak-anak muda. Ada toilet, kafe di tempat terang benderang, termasuk sebagian di wilayah udara terbuka, praktis membuat Seven Eleven diterima pasar. Warga dari beragam golongan usia suka duduk-duduk sambil menyeruput teh atau kopi.
Pendatang lainnya ingin larut dalam arus gaya hidup makan minum di sebuah toko berukuran sedang yang menjadi sentra kongko-kongko anak muda Ibu Kota. Minum di sana pun lumayan enak, karena relatif lebih murah dibanding di mal.
Tampak benar bahwa diferensiasi selalu memberi hasil dan makna fantastis bagi suburnya bisnis. Inilah salah satu esensi diferensiasi. Siapa yang mampu menghadirkan keunggulan dengan baik, ia akan meraih sukses luar biasa. (Abun Sanda)

sumber : http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/12/19/0852475/Mewarnai.Diferensiasi
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana
Belanja Hemat : 
- Obral Buku Murah
- LED AOC new Only 650rb 
- Belanja Hemat Asesoris Komputer & Elektronik





Tidak ada komentar: