regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Melihat Layanan Sidang Perceraian Keliling

Berita tanggal : 20/12/2011

SUNGAI PENUH - Layanan keliling bukan hanya milik kantor pos saja. Pengadilan Agama juga memiliki layanan serupa. Bedanya mereka melayani permintaan sidang perceraian.
Soal biaya sidang tergantung jarak tempat tinggal warga yang mengajukan cerai 
LOKASI jauh dan sulitnya akses transportasi agaknya menjadi alasan muasalnya layanan keliling sidang cerai ini.
Di Kabupaten Kerinci, sepanjang 2011 layanan keliling sidang cerai telah menangani 10 kasus, dan mereka telah menyidangkannya. Selain di Kerinci, layanan juga terbuka bagi warga di Kota Sungai Penuh.
Pengadilan Agama Kerinci menyediakan layanan ini, dengan mendatangi rumah warga yang mengajukan gugatan cerai maupun talak. Tujuannya memberikan kemudahan warga. Dengan sistem ini, pasangan yang akan menjalani persidangan tidak perlu datang ke pengadilan secara terus menerus.
Karena semua proses dan tahapan dalam persidangan selanjutnya, dilaksankan di desa masing-masing. "Ya, pada tahun 2011 ini, kami sudah melaksanakan 10 sidang keliling. Pasangan yang sudah ikut sidang keliling tersebut, rata‑rata berasal dari Kecamatan Kayu Aro, yang jaraknya memang cukup jauh," ungkap Panitera Pengadilan Agama Sungaipenuh, Dahkir, belum lama ini.
Menurut Dahkir, sidang keliling terbagi dalam empat radius, dan itu menentukan besar kecil biaya sidangnya. Dengan biaya sidang paling rendah Rp 50 ribu, yang mencakup lokasi tempat tinggal dalam radius 1-20 kilometer. "Untuk jarak 1- 20 kilometer, masuk dalam radius satu," jelasnya.
Radius II lokasi dengan jarak 20-60 kilometer. Jarak 60-90 kilometer masuk radius III. "Jarak yang sulit dijangkau, akan masuk dalam radius sulit. Namun untuk Kerinci tidak ada yang masuk radius sulit," jelasnya.
Lalu bagaimana dengan warga yang tidak mampu dan tak sanggup membayar biaya persidangan? Dahkir menegaskan, petugas tetap akan memberikan pelayanan secara maksimal secara gratis. Istilahnya secara prodeo.
"Masyarakat tidak perlu khawatir soal biaya. Kalau memang tidak mampu, maka pasangan akan diberikan kesempatan mengikuti sidang prodeo, yang tidak dipungut biaya sedikitpun," jelasnya.
Namun persidangan itu ada persyaratannya, dan ditentukan pemerintah. "Agar bisa ikut sidang prodeo, yang bersangkutan harus memiliki syarat yang diminta, di antaranya kartu Askeskin, Jamkesmas, kartu BLT, atau keterangan tidak mampu dari kades," jelas Dahkir.
Berdasarkan data, kasus perceraian di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh cukup tinggi, terutama pengajuan gugat cerai.
Data di Pengadilan Agama Kerinci, tercatat 220 kasus percerian dengan 170 di antaranya pengajuan gugatan cerai. Namun angka itu masih lebih rendah dibanding dengan Kabupaten Tanjab Barat. Berdasar data Pengadilan Agama Kuala Tungkal, tercatat sepanjang 2011 ada 343 kasus perceraian.
Dengan 271 kasus di antaranya berupa permintaan gugat cerai. Seperti Kabupaten Kerinci, Pengadilan Agama di Kuala Tungkal juga menyediakan layanan keliling sidang cerai.
Layanan menggunakan mobil keliling. Menurut Ghozi, Panitera Muda Pengadilan Agama Kuala Tungkal, pelayanan diberikan secara massal. "Paling sedikit enam orang yang mengajukan permohonan. Kita gunakan mobil Pemda untuk ke lokasi dan menggunakan ruang KUA Kecamatan," jelasnya. (edijanuar/bermansibuea)

sumber : http://www.tribunnews.com/2011/12/20/melihat-layanan-sidang-perceraian-keliling
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana
Belanja Hemat : 
- Obral Buku Murah
- LED AOC new Only 650rb 
- Belanja Hemat Asesoris Komputer & Elektronik






Tidak ada komentar: