regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Gula Bisa Bantu Redakan Sakit Pada Operasi Gigi

Berita tanggal : 22/12/2011

Jakarta, Dalam pembiusan untuk prosedur operasi gigi, ternyata penelitian menunjukkan sebanyak 40 persen kasus pembiusan gagal mematikan saraf nyeri. Untungnya, dokter telah menemukan bahwa pembius gigi yang dicampur dengan suatu senyawa gula sederhana dapat meningkatkan efek obat untuk mematikan rasa sakit.

Seperti yang dimuat dalam artikel jurnal Anesthesia Progress, gula alkohol yang disebut manitol ini membantu membuka membran yang melindungi saraf di bawah gigi, sehingga memungkinkan obat bius meresap masuk.

Manitol membantu mengurangi rasa sakit 40 subyek yang dinyatakan perlu mengunjungi dokter gigi lagi sebanyak 3 kali untuk memperbaiki giginya.

Injeksi pembiusan yang paling umum digunakan untuk perawatan gigi adalah injeksi blok saraf alveolaris inferior (blok SAI). Injeksi standar blok SAI di Amerika Serikat mengandung lidokain dan epinefrin.

Lidokain merupaksn bagian anestesi, sedangkan epinefrin merupakan zat yang memperlambat penyerapan lidokain ke dalam aliran darah, sehingga memungkinkan obat bius berlama-lama di sekitar saraf gigi lebih.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh para peneliti gigi dari Ohio State University, 40 orang pasien secara acak menerima blok SAI yang berbeda selama tiga kunjungan ke dokter gigi.

Satu blok SAI adalah campuran lidokain-epinefrin standar, sedangkan blok SAI lainnya ditambah sekitar satu mililiter manitol, dan blok SAI terakhir berisi campuran lidokain-epinefrin dengan beberapa mililiter manitol dalam volume yang lebih tinggi.

Seperti dilansir MNN.com, Kamis (22/12/2011), campuran manitol berhasil menurunkan sensasi nyeri pada pasien. Campuran volume yang lebih tinggi dengan lidokain dan epinefrin memeiliki efek yang paling baik, meskipun rasa nyerinya tidak seragam di seluruh gigi.

Lidokain dapat menyebabkan pusing, sakit kepala, pandangan kabur, dan mempengaruhi konsentrasi. Manitol memungkinkan dokter gigi untuk menggunakan lidocaine lebih sedikit untuk hasil yang lebih baik.

Kabar baiknya, manitol hampir identik dengan bahan kimia alami yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran serta cepat melewati tubuh. Penemuan ini menjadi dasar pertimbangan untuk merekomendasikan penambahan manitol dalam prosedur pembisuan gigi di tahun 2012 nanti.


(ir/ir)

sumber : http://www.detikhealth.com/read/2011/12/22/084042/1797144/763/gula-bisa-bantu-redakan-sakit-pada-operasi-gigi?l1101755
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana
Belanja Hemat : 
- Obral Buku Murah
- LED AOC new Only 650rb 
- Belanja Hemat Asesoris Komputer & Elektronik

Tidak ada komentar: