regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Bayi Sudah Belajar Tata Bahasa Sejak Dilahirkan

Berita tanggal : 16/12/2011

Jakarta, Bayi yang baru lahir tak hanya bisa menangis, namun ia ternyata sudah mulai mempelajari tata bahasa. Para peneliti menemukan bahwa pada tahun pertama kehidupannya, bayi mendengarkan bahasa dengan seksama dan mendekonstruksi pola kata.

Menurut Profesor Jill Lany dari University of Notre Dame, sebenanrnya pondasi awal manusia belajar kata dimulai sekitar usia 17 bulan.

"Bayi selalu mencari petunjuk bahasa dan suara. Penelitian saya menunjukkan bahwa ada beberapa petunjuk yang mengejutkan dalam aliran suara yang dapat membantu bayi mempelajari makna kata-kata. Mereka dapat membedakan berbagai jenis kata-kata seperti kata benda dan kata kerja dari informasi dalam aliran suara," kata Prof. lany.

Dia menemukan bahwa anak-anak berusia satu tahun bisa mengidentifikasi petunjuk tata bahasa untuk menebak kata apa yang mungkin berhubungan. Bayi memahami bahwa kata "itu adalah" diucapkan sebelum kata benda.

"Jika saya mengatakan, 'Oh, lihat, itu adalah DAX', orang mungkin tidak tahu apakah 'DAX' itu. Namun isyarat 'itu adalah' membuat bayi mengetahui bahwa kata berikutnya adalah obyek atau benda," kata Prof Lany seperti dilansir DailyMail, Jumat (16/12/2011).

Demikian pula jika seseorang mengatakan 'Aku menDAX itu'. Prinsip yang sama bekerja pada isyarat dan pola kata yang menunjukkan kata kerja. Menurut Prof Lany, ketika mencapai usia 15 bulan, bayi dapat melacak struktur tata bahasa yang lebih kompleks.

"Kita sering berpikir bahwa tata bahasa dikuasai setelah mempelajari kata. Tapi pada kenyataannya, penelitian saya menunjukkan bahwa semua informasi yang sampai pada bayi di tahun pertama kehidupannya tentang bagaimana kata-kata terjadi dalam bahasa sebenarnya mendukung proses belajar kata sebelum penguasaan bahasa," pungkas Prof Lany.
(ir/ir)

sumber : http://www.detikhealth.com/read/2011/12/16/111441/1792635/1300/bayi-sudah-belajar-tata-bahasa-sejak-dilahirkan?l1101755
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana
Belanja Hemat : 
- Obral Buku Murah
- LED AOC new Only 650rb 
- Belanja Hemat Asesoris Komputer & Elektronik



Tidak ada komentar: