regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Yuk Olahraga Mata! Begini Lho Caranya

Berita tanggal : 25/11/2011

Selama 10 - 15 tahun terakhir telah terjadi peningkatan tajam orang yang memakai kacamata dan lensa kontak. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan komputer yang meningkat secara drastis baik di rumah maupun di tempat kerja. Juga kebanyakan menonton televisi. Lebih dari 50% yang dialami para pengguna komputer adalah kelelahan mata, sakit kepala, penglihatan kabur, dan gejala visual lainnya. Stres pada sistem visual juga bisa menyebabkan kelelahan tubuh dan mengurangi efisiensi di tempat kerja.
Banyak dari gejala tersebut yang bisa dikurangi melalui kombinasi antara mengoreksi kondisi workstation, postur, lensa khusus untuk mengoperasikan komputer, layar khusus anti-silau, suplemen nutrisi, dan olahraga mata.
Olahraga mata membantu menjaga otot-otot mata yang kuat dan aktif. Juga membantu meringankan ketegangan menatap layar komputer untuk waktu yang lama. Bagaimana bentuk olahraga untuk mata kita? Kita coba memulai beberapa latihan berikut.
Gosok tangan kita bersama-sama sampai terasa hangat (sekitar 15 - 20 detik). Kemudian tempatkan telapak tangan di atas mata kita yang tertutup, tapi jangan ditekan pada bola matanya. Pastikan tidak ada cahaya yang masuk ke mata. Tahan posisi ini selama satu atau dua menit. Lakukan ini setidaknya dua kali sehari selama 5 - 15 menit.
Berkedip merupakan cara sederhana namun sering diabaikan. Padahal ini menjaga mata kita segar dan mampu fokus lagi. Pengguna komputer dan penonton televisi cenderung jarang berkedip, terutama ketika mereka sungguh-sungguh terfokus pada sesuatu. Cobalah sekarang latihan sederhana ini. Selama dua menit berikutnya berkedip setiap 3 - 4 detik.
Duduk bersila di kursi dan melihat lurus ke depan. Hirup napas sementara mata memutar ke sisi kanan, kemudian kembali ke tengah sambil membuang napas. Ulangi, kali ini giliran mata ke sisi kiri. Kemudian, tarik napas lagi dan mengubah pandangan kita ke atas dan saat mengembuskan napas kembali ke titik awal. Ulangi lagi, dengan mengubah posisi pandangan ke bawah. Ulangi seluruh proses tadi 2 - 3 kali. Berhenti dan bersantai jika mata kita terasa tegang.
Setelah itu gulirkan mata kita dalam lingkaran. Putar tatapan ke kanan dan ke atas sambil menarik napas, kemudian ke bawah kiri sambil mengembuskan napas. Terakhir, menatap lurus ke depan. Tarik napas dan buka mata selebar mungkin. Buang napas dan kerutkan kelopak mata bersama-sama.
 Ambil pena dan letakkan pada lengan yang jauh dari mata. Konsentrasilah pada ujung pena. Perlahan-lahan bawa pena ke dekat mata, berhenti ketika menyentuh hidung. Kemudian, sambil masih berkonsentrasi pada ujung pena kita kembali ke posisi semula. Cobalah untuk tidak berkedip. Pada awalnya mungkin mata kita akan terasa berair. Tutuplah mata dan santailah. Ulangi proses ini 2 - 3 kali.
Duduk atau berdiri di salah satu sudut ruangan, biarkan mata kita melihat objek di pinggir ruangan seperti jam, televisi, pintu, lampu, komputer, dll. Tujuan dari latihan ini adalah untuk menjaga mata kita bergerak bebas. Lakukan latihan ini selama 2 menit.
Bayangkan sebuah angka delapan raksasa sekitar 10 meter di depan kita. Sekarang lacak angka delapan dengan mata kita, perlahan-lahan. Lakukan salah satu cara selama beberapap menit, kemudian lakukan dengan cara lain selama beberapa menit.
Tutup mata kita serapat mungkin. Peras mata, sehingga otot mata kontraksi. Tahan kontraksi ini selama tiga detik, kemudian lepaskan dengan cepat. Latihan ini membuat relaksasi dari otot-otot mata dan bermanfaat setelah peregangan olahraga mata. Ulangi ini 7 atau 8 kali.
Fokus pada sebuah objek yang jauh (lebih dari 50 m) selama beberapa detik dan perlahan-lahan kembali fokuskan mata pada sebuah objek yang dekat (kurang dari 10 m jauhnya) yang ada pada arah yang sama. Fokus selama beberapa detik dan kembali ke objek jauh. Lakukan ini selama 5 kali.
Cobalah untuk melakukan olahraga mata sekali sehari. Untuk ini dibutuhkan hari yang cerah atau lampu pijar pada lampu meja. Tutup mata kita. Lihat langsung ke matahari melalui mata kita yang tertutup. Sementara menghadap matahari, perlahan-lahan putar kepala dari sisi sekarang ke sisi sejauh yang kita bisa. Ini membantu sirkulasi darah lebih banyak ke leher kita. Lakukan ini selama 3 - 5 menit.
Terlalu banyak pekerjaan berpengaruh buruk ke mata kita. Lakukan perawatan yang tepat bagi mata kita untuk menjaga agar mata kita tetap sehat.


sumber : http://www.tribunnews.com/2011/11/25/yuk-olahraga-mata-begini-lho-caranya
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana

Tidak ada komentar: