regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

PLN Beli Listrik Panas Bumi Muaralaboh dan Rajabasa

Berita tanggal : 17/11/2011

PT PLN (Persero) segera melakukan penandatanganan jual beli listrik (PPA/Power Purchase Agreement) dengan pengembang listrik untuk pembelian listrik PLTP (pembangkit listrik panas bumi) Muaralaboh dan PLTP Rajabasa. Pihaknya menargetkan akhir tahun ini, perjanjian tersebut sudah bisa ditandatangani.

Demikian disampaikan Kepala Divisi Energi Baru Terbarukan PLN, Mohammad Sofyan yang ditemui di gedung MNC Tower dalam acara Simposium Pembangkit Listrik, Jakarta, Kamis (17/11/2011).

"Yang paling dekat ditandatangani adalah PLTP Muaralaboh dan PLTP Rajabasa, Insya Allah tahun ini," ungkapnya.

Adapun, untuk harga yang siap disepakati adalah, masing-masing untuk PLTP Muaralaboh sebesar 9,4 sen dan untuk PLTP Rajabasa seharga 9,5 sen.

"Ini sudah sesuai dengan tender, kita kan juga tidak nego harga, kecuali kalau di atas selling price yang ditetapkan," ujar Sofyan.

Dirinya mengakui kesepakatan ini masih dalam proses dan ditargetkan akan selesai pada tahun ini. "Kita masih menunggu sebentar lagi, targetnya tahun ini," katanya.

Seperti diketahui, pengembangan proyek PLTP Rajabasa dan Muaralaboh terus menemui jalan buntu. Pasalnya, hingga kini pihak investor meminta jaminan konkret dari pemerintah.

Akibatnya, pihak PLN kesulitan untuk menandatangani perjanjian jual beli listrik dengan pengembang kedua PLTP tersebut.

"Kita meminta pihak investor untuk menandatangani PPA PLTP Rajabasa dan Muaralaboh. Saya sudah jadwalkan bisa ditandatangani sampai akhir Juli. Tapi sampai saat ini investornya belum mau menandatangani," keluh Dahlan Iskan, mantan Direktur Utama PLN beberapa bulan sebelumnya.

Dahlan menjelaskan, permasalahan terjadi bukan karena pihak PLN, namun pihak investor terus meminta kejelasan jaminan dari pihak pemerintah terhadap pengembangan yang masuk dalam proyek 10.000 MW tahap II tersebut.

(nrs/dnl)

sumber : http://finance.detik.com/read/2011/11/17/134121/1769348/1034/pln-beli-listrik-panas-bumi-muaralaboh-dan-rajabasa?f9911023
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana

Tidak ada komentar: