regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Pemenuhan Hak Perempuan Atas Kesehatan Masih Jauh

Berita tanggal : 29/11/2011
ilustrasi, sumber : pemikiranislam.wordpress.com

SEMARANG - Direktur Legal Resources Center untuk Keadilan Jender dan HAM (LRC-KJHAM) Evarisan mengungkapkan, realitas pemenuhan hak perempuan atas kesehatan saat ini masih sangat jauh.
"Padahal hak atas kesehatan dan kesehatan seksual dijamin melalui konvensi-konvensi internasional. Namun dalam konteks daerah, masalah kesehatan kaum perempuan menjadi isu yang sering ’dinegosiasi’," kata Evarisan saat menjadi pembicara dalam diskusi "Pengalaman Advokasi Hak Perempuan Atas Kesehatan Bersama Kelompok Perempuan Miskin, Marginal, dan Rentan" di Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, akhir pekan lalu.
Pada akhirnya, kata Evarisan, bergantung kepada komitmen pemerintah untuk menjamin pemenuhan hak perempuan atas kesehatan, di antaranya mencabut, merevisi, atau mengamendemen regulasi yang diskriminatif terhadap perempuan.
Pembicara lainnya, Koordinator Jaringan Peduli Perempuan dan Anak (JPPA) Jateng Prof Agnes Widanti S menyoroti masalah jaminan kesehatan yang diberikan pemerintah terhadap kaum perempuan yang belum memuaskan.
Ia mengakui, pemerintah memang telah memprogramkan jaminan persalinan (Jampersal), namun kenyataannya masih banyak perempuan yang tidak mengerti apa sebenarnya dan belum memanfaatkan jaminan itu.
"Biasanya, banyak perempuan di desa-desa pelosok yang memilih melahirkan di dukun. Jampersal sudah ada, buat apa kalau akses transportasi tidak disediakan, daripada susah-susah mereka memilih dukun," katanya.
Karena itu, Agnes yang juga Ketua Program Studi Magister Hukum Kesehatan Unika Soegijapranata itu mengatakan, kalau pemerintah serius maka harus disediakan sarana transportasi secara memadai, khususnya di berbagai desa terpencil.

sumber : http://www.tribunnews.com/2011/11/29/pemenuhan-hak-perempuan-atas-kesehatan-masih-jauh
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana

Tidak ada komentar: