regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Partai Islam Menang di Tunisia

Berita tanggal : 28/10/2011

TUNIS, KOMPAS.com —Partai Islam Tunisia, Ennahda, meraih kemenangan dalam pemilihan demokratis  bersejarah dengan perolehan 41,47 persen suara, sembilan bulan setelah jatuhnya Presiden Zine el Abidine Ben Ali. Demikian hasil resmi pemilihan di negara itu yang disampaikan Kamis (27/10/2011).
Partai itu memperoleh 90 kursi dalam majelis baru yang memiliki 217 anggota, yang akan menyusun kembali konstitusi, menunjuk seorang presiden dan membentuk pemerintah sementara, kata Ketua Komisi Pemilihan, Kamel Jendoubi, kepada wartawan di Tunis. Kongres untuk Republik (CPR), partai sayap kiri, berada di tempat kedua dengan raihan 13,82 persen suara yang berarti akan mendapat 30 kursi. Ettakatol di tempat ketiga dengan 9,68 persen suara atau 21 kursi.
Ennahda, yang dilarang pada masa rezim Ben Ali dan didaftar sebagai partai politik Maret lalu, telah menyatakan lebih dulu  kemenangannya. Partai itu mengumumkan pada Rabu bahwa mereka telah memulai pembicaraan koalisi dan ingin membentuk pemerintah baru dalam sebulan.
Majelis baru tersebut akan memutuskan mengenai sistem pemerintah negara itu dan bagaimana menjamin kebebasan dasar, termasuk hak-hak perempuan. Banyak pihak dan orang di Tunisia mengkhawatirkan bahwa Ennahda, sebelumnya dianggap sebagai kelompok Islam garis keras, akan berusaha untuk mengurangi kebebasan itu meskipun mereka telah memberikan jaminan yang sebaliknya.
Sejumlah pengamat mengatakan, Ennahda, meskipun merupakan mayoritas dalam aliansi, tidak akan dapat "mendiktekan" program-programnya pada majelis, sehingga tidak memiliki pilihan kecuali untuk menenteramkan mitra-mitra aliansinya, masyarakat yang cenderung moderat, dan masyarakat internasional. Tunisia akan sangat bergantung pada investasi asing dan pariwisata sehingga Ennhada harus mempertimbangkan dua hal itu juga. Partai-partai sayap kiri mungkin belum berusaha untuk membentuk blok mayoritas terhadap Ennahda.
Dalam perkembangan berikutnya, protes terhadap hasil pemilu meletus di kota Sidi Bouzid, tempat revolusi Tunisia dimulai. Lebih dari 2.000 orang berkumpul di markas Ennahda, merusak pintu dan jendelanya serta membakar ban di jalan utama. Protes yang sama meletus di kota Regueb, sekitar 50 kilometer dari Sidi Bouzid.
Sumber :
ANT, AFP

sumber :  http://internasional.kompas.com/read/2011/10/28/08223154/Partai.Islam.Menang.di.Tunisia
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana

Tidak ada komentar: