regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

5 Cara Agar Pernikahan Semakin Langgeng

Berita tanggal : 13/10/2011

Jakarta - Sudah banyak penelitian yang menunjukkan kalau pernikahan bisa membuat seseorang lebih sehat ketimbang hidup melajang. Menikah bisa membuat risiko pasangan terkena kanker dan serangan jantung menurun. Orang yang menikah juga memiliki tingkat depresi dan stres yang lebih rendah dan sekitar 40 persen mengaku sangat bahagia dengan kehidupannya dibandingkan dengan orang yang melajang.

Menikah pun membuat seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, dapat memonitor tekanan darah dan kolesterolnya secara lebih baik yang memungkinkannya kurang berisiko terkena penyakit. Pasangan menikah cenderung lebih sedikit terlibat dalam perilaku berisiko seperti mengonsumsi alkohol dan juga tidak merawat diri.

Namun semua manfaat pernikahan di atas berlaku apabila pasangan itu memiliki hubungan yang sehat. Penelitian yang dipublikasikan dalam The Archives of General Psychiatry pada 2005 menunjukkan, pasangan yang kerap bertengkar lebih mudah terserang penyakit ketimbang pasangan dengan kehidupan pernikahan bahagia.

Meski begitu, pertengkaran dalam sebuah pernikahan sebenarnya adalah hal normal. Tapi jangan sampai pertengkaran itu yang awalnya kecil lama-kelamaan menjadi besar dan membuat pernikahan retak.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat pernikahan, meski sesekali hubungan Anda dan suami sedikit 'memanas', seperti dikutip dari Third Age:

1. Pacaran Lagi
Saat pasangan sudah menikah, mereka seringkali terjebak dalam kesibukan sehari-hari dan kehilangan keintiman seperti saat masih pacaran dulu. Oleh karena itu cobalah kembali ingat masa tersebut dan terapkan lagi di pernikahan Anda. Ingat bagaimana Anda dulu begitu perhatian pada pasangan atau merindukannya dan tak malu mengungkapkan hal tersebut.

2. Puji Pasangan
Tidak butuh waktu sampai berjam-jam hanya untuk melontarkan sebuah pujian pada pasangan. Anda bisa mengatakan 'kamu hebat' pada pasangan, misalnya, saat dia dipuji oleh atasannya atau ketika dia bisa membetulkan kran air.

Memberikan pujian saat Anda dan dia berkumpul bersama teman-teman juga bisa dilakukan. Pujilah soal bagaimana dia selama ini selalu bisa membuat Anda dan si kecil tersenyum.

Menurut John Gottman, Ph.D, seorang pakar pernikahan dan penulis The Seven Principles of Making Marriage Work, pasangan yang secara rutin saling memuji lebih bahagia karena pujian itu membuat mereka merasa dicintai.

3. Lakukan Hal Sederhana untuk Pasangan
Tunjukkan rasa cinta dan penghargaan Anda pada pasangan dengan melakukan hal-hal yang terkesan sederhana tapi berarti untuknya. Misalnya saja, Anda bisa membuatkan suami bekal makan siang kalau selama ini dia kerap mengeluh sulit mencari tempat makan siang di kantornya. Memijat pasangan saat dia baru pulang kerja juga bisa membuatnya senang.

4. Belajar untuk Menahan Diri Saat Mengkritik
Permasalahan yang sebenarnya sederhana bisa menjadi pertengkaran besar karena salah satu pihak tidak bisa mengontrol ucapannya. Terkadang mungkin Anda tidak berpikir kalau apa yang Anda ucapkan membuat pasangan sedih atau sakit hati. Jadi cobalah untuk menahan diri dan ucapan Anda saat bertengkar. Jangan langsung katakan semua yang ada di pikiran. Pertimbangkan dulu sebelum melontarkannya apakah memang hal itu layak dikatakan pada pasangan atau tidak.

5. Saling Menghargai
Saling menghargai adalah hal terpenting dalam sebuah hubungan yang sehat. Jangan membuat pasangan merasa tidak dihargai dan rendah diri. Pastikan Anda menunjukkan penghargaan atau sopan santun yang sama seperti Anda tunjukkan pada orang lain.

(eny/hst)

sumber :  http://www.wolipop.com/read/2011/10/13/080728/1742903/854/5-cara-agar-pernikahan-semakin-langgeng?w992201835
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana

Tidak ada komentar: