regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

Alasan Waktu Terasa Cepat Berlalu Saat Tak Senang

Berita Tanggal : 23/09/2011
Jakarta – Terdapat ungkapan, saat Anda bersenang-senang, waktu seolah tak terasa. Berlawanan, menurut ahli, waktu akan tak terasa jika Anda sedang tak senang. Mengapa?
Menurut psikolog Simon Grondin yang melakukan riset pada persepsi waktu di Universite Laval di Quebec, Kanada, “Waktu lebih tak terasa jika Anda sedang tak bersenang-senang atau sedang tak memperhatikan”.
Komponen utama jalur waktu kemungkinan besar adalah perhatian, lanjutnya. Dalam artikel ulasan yang diterbitkan di jurnal Attention, Perception & Psychophysics menunjukkan, saat orang sedang tak memperhatikan durasi sebuah peristiwa, Anda mempersepsikannya lebih lama.
Misalnya seperti saat menunggu air mendidih dalam panci, ketika Anda melupakan panci atau mengabaikan detik jam, waktu akan berjalan lebih cepat. Gangguan menyenangkan memang bisa membuat waktu seolah tak terasa namun, fokus pada satu pekerjaan juga bisa berdampak.
Saat bekerja seperti dikutip Science, mungkin Anda bisa berkonsentrasi lebih keras saat pagi hari disbanding siang hari. Jika Anda melakukannya, waktu akan berjalan lebih cepat di pagi hari.
Sebagian besar ilmuwan menduga, memperhatikan waktu membuat waktu berjalan lebih lambat karena keterbatasan sumber daya mental manusia.
“Manusia hanya memiliki tenaga otak pada saat itu saja, jadi manusia dipaksa memilih yang mana yang akan dijadikan fokusnya. Lebih banyak perhatian pada pekerjaan nontemporal akan mengurangi waktu perhatian itu sendiri,” ungkapnya. [mor]

sumber : http://teknologi.inilah.com/read/detail/1777149/alasan-waktu-terasa-cepat-berlalu-saat-tak-senang
Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana

Tidak ada komentar: