regentrenaldo
VisitingCardBlogger

Saya Segera Kembali

Mohon maaf Blog Regent Renaldo sedang dalam perawatan. Untuk program penjualan sederhana dengan Microsoft Excel silakan kunjungi: www.NotaRG.com > The Blog of Property: MandiriSemesta.com

MUI Perkirakan Idul Fitri Berbeda

Berita Tanggal : 26/08/2011

JAKARTA  – Majelis Ulama Indonesia (MUI) memperkirakan kemungkinan akan terjadi perbedaan dalam penetapan Idul Fitri 1432 H di antara warga masyarakat. Sebab itu masyarakat diminta saling menghargai dan menghormati serta mengedepankan ukhuwah (persaudaraan) apabila terjadi perbedaan.

Demikian Tausyiah yang disanpaikan Ketua MUI KH Ma’ruf Amin di Kantor MUI, Jakarta, Jumat siang. Hadir pada juga saat menyampaikan tausyiah Sekretaris Jenderal MUI Ichwan Sam, Ketua MUI Amidhan.

Ma’ruf Amin menjelaskan dalam penetapan Idul Fitri ada dua yang dilakukan umat Islam yakni dengan metode wujudul hilal (bulan wujud) di atas ufuk berapa pun tingginya hilal tersebut. “Wujudul hilal ini yang digunakan Muhammadiyah,” Ma’ruf Amin.

Ia mengatakan ada juga umat Islam dalam penetapan Idul Fitri dengan metode Rukyatul hilal di mana hilal harus terlihat miniimal dua derajat. Karena perbedaan itu maka kemungkinan umat Islam ada yang melaksanakan Idul Fitri tanggal 30 Agustus, ada yang melaksanakan Idul Fitri tanggal 31 Agustus.

MUI menyambut baik penetapan Idul Fitri yang akan dilakukan pemerintah melalui Sidang Istbat 29 Agustus 2011 yang akan dilakukan Badan Hisab dan Ru’yat Kementerian Agama bersama MUI dan organisasi Islam lainnya. Namun demikian, kata Maruf, MUI menghimbau kepada masyarakat agar mengikuti keputusan Sidang Istbat. (johara/b)

sumber : http://www.poskota.co.id/mutiara-ramadhan/2011/08/26/mui-perkirakan-idul-fitri-berbeda

Sponsor :
> Download Program Penjualan Sederhana

Tidak ada komentar: